Prodi HKI Raih Akreditasi “A” dari BAN-PT

Prodi HKI Raih Akreditasi "A" dari BAN-PT
Bagikan

FASYA – Mutu dan kualitas Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Surakarta secara resmi mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Prodi HKI Raih Akreditasi "A" dari BAN-PT

Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 786/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2018, menyatakan bahwa Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) pada Program Sarjana IAIN Surakarta, Sukoharjo terakreditasi dengan peringkat akreditasi A. Surat Akreditasi ini berlaku 5 (lima) tahun sejak 20 Maret 2018 sampai 20 Maret 2023.

Pengakuan ini akan berdampak positif dan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru untuk menjatuhkan pilihan jurusannya di Prodi HKI. Sehingga Prodi HKI berpotensi menjadi salah satu Prodi favorit di IAIN Surakarta.

Selain itu, alumni Prodi HKI yang bergelar Sarjana Hukum (S.H.) ini akan bertambah mendapat kepercayaan di hati masyarakat. Baik saat memasuki dunia kerja, lanjut jenjang S2 maupun langsung berkontribusi bagi masyarakat dan mampu menghadapi berbagai tantangan.

Prodi HKI Raih Akreditasi "A" dari BAN-PT

Berdasarkan hasil tracer study Fasya, alumni HKI telah tersebar di Indonesia dan menduduki posisi penting di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta. Mereka ada yang menjadi hakim, pengacara dan penghulu. Dan diantaranya juga menjadi panitera, paralegal, guru agama/fiqh/ushul fiqh dan peneliti.

Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. mengucapkan selamat kepada seluruh civitas akademika Fasya. “Alhamdulillah. Subhanallah, Alfu mabruk buat keluarga HKI dan Fasya”, tulisnya melalui chat di group WhatsApp Fasya. Dalam kesempatan berbeda, Rektor menyampaikan bahwa akreditasi A selalu dinanti. Agar mampu mengangkat citra IAIN Surakarta menjadi kampus yang berkualitas seiring perubahan menuju UIN Surakarta.

Prodi HKI Raih Akreditasi "A" dari BAN-PT

Ucapan selamat juga mengalir dari Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr. H. Muh.Nashiruddin, S.Ag, M.A, M.Ag. “Selamat untuk Fakultas Syariah. Akreditasi A untuk HKI”, tulisnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Syariah Dr. M. Usman, S. Ag., M.Ag. dan Ketua Jurusan Prodi HKI Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H. mengucapkan terima kasih kepada team borang dan LPM atas kerjasama selama ini. Dia juga mengapresiasi kinerja seluruh pihak terkait sehingga mutu dan kualitas Fasya mendapatkan pengakuan terbaik dari BAN-PT.

Perlu diketahui bahwa Visitasi dan Re-AkreditasI HKI telah dilaksanakan pada Senin (12/03/2018) di Ruang Senat Rektorat IAIN Surakarta. Pada akreditasi waktu itu, ada dua Asesor dari BAN-PT yang melakukan visitasi. Mereka adalah Prof. Dr. Susiknan Azhari, MA. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan satu lagi Asep Saipudin Jahar, MA, Ph.D., dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Win).


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *