Bagikan

Sambutan Dekan

SALAM DEKAN

 Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Yth. Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan, dan Stake holders Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Sejak akhir tahun 2019 dan di awal tahun 2020 ini, di saat dunia mengalami pandemik Covid-19, kita masih senantiasa bersyukur kepada Allah SWT bahwa capaian kemajuan Fakultas Syariah IAIN Surakarta terus meningkat terutama dari capaian kemajuan SDM, pelayanan kepada sivitas akademika, perbaikan dan pemenuhan sarana dan prasarana kampus, penguatan kerjasama, serta soliditas para pengelola Fakultas.

Itu semua dalam rangka mewujudkan World Class Islamic University yang ditargetkan oleh kampus pada tahun 2035 nanti. Tahun 2020 merupakan tahun terakhir dari tahap pertama dari 4 tahap roadmap IAIN Surakarta untuk menjadi World Class Islamic University tersebut.

Tahap pertama atau Tahap Forming atau Temoto (tahun 2016-2020) diarahkan menuju Established University. Pada tahap ini kondisi kampus difokuskan pada penataan dan penguatan bidang akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pemenuhan sarana dan prasarana, perbaikan manajemen. Dalam tahap ini, IAIN Surakarta diharapkan berubah menjadi UIN Surakarta dan menjadi BLU (Badan Layanan Umum).

Tahap kedua atau Tahap Storming atau Tanggap (tahun 2021-2025) diarahkan menuju Creannovative University. Pada tahap ini UIN Surakarta melakukan pengembangan kreativitas dan berbagai inovasi pengembangan terutama dalam riset dan publikasi ilmiah sehingga kampus responsif terhadap perkembangan nasional dan internasional.

Tahap ketiga atau Tahap Norming atau Tangguh (2026-2030) diarahkan menuju Competitive University. Pada tahap ini, UIN Surakarta menjadi perguruan tinggi yang kokoh dan mandiri, baik secara keilmuan (pengakuan riset-riset ilmiah sivitas akademika) dan kemandirian dalam pendanaan.

Tahap terakhir atau Tahap Performing atau Tulodho (2031-2035) diarahkan menuju Respected University. Pada tahap ini, UIN Surakarta menjadi perguruan yang memiliki keunggulan tertentu dalam bidang sains yang terintegrasi dengan kearifan lokal sehingga diakui secara internasional dan dijadikan rujukan oleh perguruan tinggi lain di level regional, nasional, maupun internasional.

Sebagai bagian dari IAIN Surakarta, yang sedang bertransformasi menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta, Fakultas Syariah berkewajiban mensukseskan cita-cita besar mewujudkan World Class Islamic University melalui 4 tahapannya tersebut dalam konteks ke-fakultas-an. Untuk itu kerjasama serta kepedulian para Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan, Mitra dan Stake holders Fakultas Syariah IAIN Surakarta sangat diperlukan untuk mewujudkan Visi IAIN Surakarta: Menjadi World Class Islamic University di level Asia dalam kajian Sains yang terintegrasi dengan Kearifan Lokal pada tahun 2035.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Sukoharjo, 17 Maret 2020

Dekan,

Dr. Ismail Yahya, S.Ag., MA
NIP 19750409 199903 1 001


Bagikan