Bg

Sejarah - IAIN Surakarta

Sejarah

Share to:

Sejarah

Fakultas Syariah (dulu Jurusan Syariah) adalah salah satu Fakultas tertua di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Awalnya, Jurusan Syariah bersama Jurusan Ushuluddin merupakan Jurusan cabang IAIN Walisongo Semarang. Keduanya direlokasi dari Pekalongan dan Kudus ke Surakarta berdasarkan SK Menteri Agama No. 86/1992, tanggal 20 April 1992.

Pada 12 September 1992, IAIN Walisongo di Surakarta ini didirikan. Ia diproyeksikan oleh Menteri Agama saat itu, almarhum Prof. Dr. H. Munawir Sjadzali, M.A., sekaligus founding father IAIN Surakarta, sebagai IAIN unggulan untuk mencetak kader “intlektual ulama dan ulama intelektual”.

Karena adanya kebijakan pemerintah untuk merasionalisasi organisasi, pada tahun 1997 Fakultas cabang di IAIN dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Berdasarkan SK Presiden RI No. 11 tahun 1997, tertanggal 21 Maret 1997 berdirilah STAIN Surakarta dengan empat Jurusan: Jurusan Syari’ah, Jurusan Ushuluddin, Jurusan Tarbiyah, dan Jurusan Dakwah. Jurusan Syariah saat itu memiliki dua program studi: Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah (AS) dan Mu’amalat (MU).

Pada 3 Januari 2011, STAIN Surakarta baralih status menjadi IAIN Surakarta. Jurusan Syariah pun berkembang menjadi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI).  Pada bulan Oktober 2013, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dimekarkan menjadi dua Fakultas: Fakultas Syariah (FSY) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Fakultas Syariah kini memiliki empat Jurusan. Jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), Jurusan Hukum Pidana Islam (HPI), dan Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA).  Jurusan HKI dan HES telah terakreditasi “A”. Sementara Jurusan HPI terakreditasi “B”. Adapun MAZAWA merupakan Jurusan yang  baru diresmikan 31 Agustus 2016 lalu.

Minat masyarakat melanjutkan studi ke Fakultas Syariah terus meningkat. Kini Fakultas Syariah menyumbang sekitar 2.500 mahasiswa dari total 12.000 lebih mahasiswa IAIN Surakarta. Ke depan, Fakultas Syariah selain berupaya meningkatkan kuantitasnya, juga bertekad untuk terus meningkatkan kualitas. Jadi, mari melangkah bersama Fakultas Syariah. (SH)