Bg

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) - IAIN Surakarta

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)

VISI

“Menjadi Program Studi yang kompeten, profesional, berdaya saing ,modern dan religius dalam ilmu hukum Ekonomi Syariah pada tahun 2025”.

MISI

Sebagai penjabaran dari visi sebagaimana tersebut di atas, program studi Hukum Ekonomi Syariah mengemban misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang Hukum Ekonomi Syariah yang berorientasi pada penguasaaan teori dan praktik.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu yang berorientasi pada penguasaan dan pendalaman Hukum Ekonomi Syariah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penguasaan dan penerapan Hukum Ekonomi Syariah.
  4. Mengembangkan dan membina kehidupan sivitas Akademika yang religius, menjunjung tinggi kebenaran dan keterbukaan.
  5. Menyelenggarakan manajemen perguruan tinggi ditingkat Program Studi yang modern dan profesional
  6. Menjalin dan mengembangkan kerja sama dengan pihak lain yang terkait dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang Hukum Ekonomi Syariah sebagai Hakim, Arbiter, Advokat, Praktisi Keuangan Syariah dan Dewan Pengawas Syariah
  2. Menghasilkan lulusan yang religius, menjunjung tinggi kebenaran, kritis, inovatif dan kreatif dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing dan dapat menyelesaikan berbagai persoalan khususnya dibidang Hukum Ekonomi Syariah
  4. Mengembangkan,dan menyebar luaskan serta menerapkan ilmu pengetahuan dibidang Hukum Ekonomi Syariah
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SASARAN

Sasaran penyelenggaraan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah adalah mencetak lulusan yang mampu berkontribusi dan berdaya saing serta dapat menjadi bagian dari masyarakat sesuai dengan bidang  keahlian di bidang Hukum Ekonomi Syariah, sosial dan budaya berbasis nilai-nilai kearifan lokal dan ke-Indonesian.

SK Akreditasi bisa dilihat disini