PUPUK PRESTASI LITERASI, RISET DAN JURNALISTIK MAHASISWA, FAKULTAS SYARIAH LAUNCHING “LIRIK” SYARIAH

Foto Bersama
Bagikan

Seiring pembukaan pelatihan penulisan karya ilmiah untuk mahasiswa, Sabtu 13 Mei 2017 lalu, Dekan Fakultas Syariah juga meresmikan “Lirik Syariah”. “Lirik Syariah” adalah akronim dari Literasi, Riset, dan Jurnalistik keilmuan syariah. Lirik Syariah didesain sebagai kajian rutin literasi, riset, dan jurnalistik keilmuan syariah yang bersifat mingguan untuk mahasiswa. Kegiatan ini diinisiasi oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah bersama sejumlah dosen untuk mewadahi peningkatan prestasi mahasiswa di bidang literasi, riset, dan jurnalistik. Selanjutnya, kegiatan ini dikomandoi oleh Umi Rohmah dan Andi Wicaksono selaku koordinator dan sekretaris tim dosen pendamping “Lirik Syariah”.

Kegiatan ini sejatinya telah dilakukan sejak awal tahun 2017. Saat itu peserta kegiatan masih terbatas. Bermodalkan informasi lisan yang disampaikan di kelas, beberapa mahasiswa mulai mengikuti kegiatan baca-tulis. Kegiatan ini didampingi oleh bapak Andi Wicaksono selaku dosen bahasa Indonesia pada Fakultas Syariah. Sementara Muhammad Julijanto, dosen Fakultas Syariah lainnya, turut mendampingi kegiatan membaca artikel-artikel dan buku-buku keilmuan syariah dan hukum. Sedangkan Umi Rohmah, dosen Fakultas Syariah yang aktif melakukan penelitian, mendampingi mahasiswa belajar menyusun riset sebagai aplikasi mata kuliah metode riset yang telah diperoleh mahasiswa di kelas masing-masing.

Launching LIRIK Oleh Dekan Fakultas Syariah

img-20170513-wa0010

Pada awalnya kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat siang pada masa liburan mahasiswa. Ketika perkuliahan berjalan aktif, kegiatan ini dialihkan pada setiap Sabtu siang di lantai I Fakultas Syariah. Setelah launching ini, diharapakan kegiatan Lirik syariah bisa diikuti dan dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin mahasiswa. Untuk memaksimalkan hal ini, Fakultas melibatkan bidang keilmuan masing-masing ormawa untuk terlibat aktif. Harapannya, selain mendapat pendampingan oleh tim dosen pada setiap Sabtu, di hari lainnya mahasiswa dapat bergabung menindaklanjuti kegiatan literasi, riset, dan jurnalistik tersebut bersama bidang keilmuan ormawa masing-masing jurusan. Dengan begitu pihak dekanat berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa mampu menyusun publikasi berita, menulis artikel ilmiah, dan berperan aktif meraih prestasi dalam kompetisi penulisan, jurnalistik, dan riset. [UR]


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *