Pusat Pengembangan Karir Fasya Ngangsu Kawruh ke ITB Career Center

Pusat Pengembangan Karir Fasya Ngangsu Kawruh ke ITB Career Center
Bagikan

FASYA- Pada Jum’at, 22/11/2018, Pusat Pengembangan Karir (PPK) Fakultas Syariah (Fasya) berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB) Career Center. Kunjungan yang dilakukan oleh Mansur Efendi, S.H.I, M.Si selaku ketua PPK Fasya ini dimaksudkan untuk menimba ilmu dan sharing pengalaman berkaitan dengan pengembangan karir mahasiswa dan alumni.

Mansur Efendi menyampaikan bahwa ITB Career Center sengaja dipilih karena merupakan Career Center yang pertama dan tertua di Indonesia. Kunjungan ini disambut oleh Ibu Tifani Adilla (Recruitment and Employer Service ITB Career Center). Kunjungan yang dilanjutkan dengan diskusi ini berlangsung di Kantor ITB Career Center yang berlokasi di GKU Timur Lantai Dasar ITB Jl. Ganesha 10 Bandung.

Pusat Pengembangan Karir Fasya Ngangsu Kawruh ke ITB Career Center
Mansur Efendi berdialog dengan pengurus Career Center ITB

ITB Career Center cukup maju dalam hal pengelolaan Tracer Study. Tifani Adila menjelaskan, dari data yang dikumpulkan selama pelaksanaan Tracer Study sejak Agustus sampai Oktober 2017, Divisi Riset ITB Career Center memperoleh hasil response rate sebesar 91%.

Tracer Study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh banyak Perguruan Tinggi di seluruh dunia dalam memperoleh umpan balik (feedback) dari alumninya. Umpan balik tersebut sangat berguna untuk perbaikan sistem dan pengelolaan pendidikan di kampus terkait.

Lebih jauh Tifani Adila menambahkan bahwa Tracer Study yang dilakukan oleh ITB telah berlangsung sejak tahun 2012. Sebagai penanggung jawab kegiatan ini adalah Divisi Riset ITB Career Center dan Lembaga Kemahasiswaan ITB.

ITB Career Center juga concern dalam pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa dan alumni baru ITB. Hal ini berangkat dari kesadaran bahwa penyiapan karir tidak hanya sebagai profesional, namun juga dengan menjadi pengusaha. Selain melalui kuliah, seminar, pelatihan, dan pendampingan kewirausahaan, juga memberikan dana/modal bantuan yang bersifat hibah maupun bergulir kepada para calon pengusaha dari mahasiswa dan alumni ITB.

Sebagai lembaga pengembangan karir yang mapan, sejumlah program digulirkan oleh ITB Career Center, antara lain Career Vacancy Information, Career Online Application, Test for Application, Campus Recruitmen, Mock-Up Interview, Career Information Session, Career Training, Career Counseling, Entrepreneurship, Tracer Study, dan Integrated Career Days. (Penulis: ME)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *