Re-Akreditasi, Fakultas Syariah Optimis Prodi Hukum Keluarga Islam Raih Hasil Maksimal

Re-Akreditasi, Fakultas Syariah Optimis Prodi Hukum Keluarga Islam Raih Hasil Maksimal
Bagikan

FASYA – Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah (Fasya) IAIN Surakarta diakreditasi kembali. Bertempat di ruang rapat senat gedung Rektorat, team borang tampil profesional dihadapan para Asesor, Senin (12/03).

Akreditasi HKI

Pada akreditasi kali ini, ada dua Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan visitasi. Mereka adalah Prof. Dr. Susiknan Azhari, MA. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan satu lagi Asep Saipudin Jahar, MA, Ph.D., dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Akreditasi HKI

Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. yang merupakan alumni Fasya menyempatkan hadir dalam visitasi ini. Dalam sambutannya ia mengapresiasi kerja Fasya dalam menyiapkan akreditasi ini karena kualitas kelembagaan salah satu ukurannya adalah nilai kreditasi yang baik.

Akreditasi HKI

“Pikiran baik menghasilkan tindakan baik, tindakan baik menghasilkan kepuasaan (hasil) dan akhirnya menghasilkan pengakuan” katanya.

Dekan Fasya Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag menegaskan akan kualitas Prodi HKI yang sudah teruji dan tidak diragukan lagi. “HKI ini program studi senior, sejak IAIN Surakarta berdiri. Alumni sudah menyebar ke seluruh Indonesia”, terangnya.

Akreditasi HKI

Saat acara berlangsung, Prof. Susiknan tampak serius menanyakan dan memeriksa satu persatu dokumen borang Prodi HKI yang memuat 7 standar yang dinilai. Mulai dari visi misi, Administrasi, kemahasiswaan, SDM, pembelajaran dan penelitian serta kerja sama

Akreditasi HKI

Akreditasi HKI

Kajur HKI Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H. yang dimintai keterangan pun menjelaskan dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Prof. Susiknan. Begitu juga dengan para team penyelia borang, mereka dengan sigap menunjukkan bukti dokumen yang diminta dengan cepat.

Visitasi pada borang fakultas pun tak jauh berbeda. Dekan dan para wakil dekan tak kesulitan menjelaskan beberapa keterangan dan menunjukkan dokumen yang dibutuhkan oleh Asesor Asep Saipudin Jahar, MA., Ph.D.

Akreditasi HKI

Akreditasi HKI

Beberapa menit selepas acara, Kajur HKI Zumar, M.H. optimis akan mendapatkan nilai terbaik. “Tadi tampak cair. Tapi kita tidak tahu hasilnya nanti. Ya, kita berharap hasil yang maksimal”, terangnya. (Win).


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *