SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum

SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum
Bagikan

FASYA – Sharia Law Community (SLC) merupakan organisasi LSO (Lembaga Semi Otonom) yang bergerak di bidang hukum. Dari beberapa rangkaian kegiatan SLC sering mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan hukum. Ada 4 bidang yang dibagi sesuai dengan visi dan misi masing-masing. Diantaranya Debat Hukum, Legal Drafting, Sidang Semu dan Publikasi.

Dalam progam kerja akhir SLC adakan kegiatan perdana sekaligus akan menjadi agenda tahunan yakni Lomba Cerdas Hukum. Yang mengangkat tema utama “Mengembangkan Karakter Mahasiswa Syariah yang Berbakat serta Memiliki Daya Saing dalam Bidang Hukum”.

Lomba ini dilaksanakan selama dua hari Kamis -Jumat (25-26/10/2018). Tujuan dari diadakan agenda seperti ini adalah sebagai ajang kompetisi tingkat internal yang nantinya akan dilakukan setiap tahun. Dalam acara perdana ini yang sekaligus menjadi agenda lanjutan ditahun depan diikuti seluruh mahasiswa khususnya untuk semester 5. Baik dari jurusan HES, HKI, HPI dan Mazawa. Bisa dikatakan hampir sama dengan lomba cerdas cermat, hanya saja materi yang ditujukan tentang materi hukum dan materi keislaman lainnya.

SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum

Acara hari pertama dihadiri oleh Dr.M.Usman, S.Ag., M.Ag selaku dekan fakultas syariah dan Masrukhin, S.H., M.H selaku pembina SLC. Dalam sambutan dekan fakultas “agenda yang diadakan ini sungguh implikatif, dapat digunakan sebagai ajang kompetisi antar kelas, walaupun hanya tingkat fakultas, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang nantinya akan menciptakan bibit-bibit mahasiswa yang kompetitif” sambutnya.

Pembina SLC Masrukhin, S.H., M.H dalam sambutannya beliau mengutarakan “Saya sangat mendukung kegiatan ini yang merupakan langkah awal untuk membentuk mahasiswa yang mampu bersaing dalam perlombaan tingkat kampus maupun tingkat provinsi dan nasional” ujar beliau.

Hafid Nur Fauzi, sebagai Ketua Panitia kegiatan Lomba Cerdas Hukum mengatakan dalam sambutan pembukaan acara tersebut “Lomba ini merupakan perdana, karena SLC baru mengadakan kompetisi tingkat fakultas pertama kalinya. Banyak problem yang dihadapi pada saat perancangan acara tersebut. Dan lomba ini dikhususkan saja untuk mahasiswa fakultas syariah semester 5. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar masukan dari pembina maupun dari wadek kemahasiswaan sekali-kali adakan lomba internal.” ujarnya.

Lomba diadakan dalam dua sesi, yakni lomba babak penyisihan dan babak final. Pada planing awal ditarget peserta yang ikut sejumlah 16 regu/tim walaupun pada hari pelaksanaan terdapat 15 regu/tim saja dikarenakan ada kelas yang berhalangan hadir. Lomba ini bersifat wajib bagi mahasiswa semester semua jurusan. Dalam perlombaan menggunakan sistem gugur atau fase grup, yang nantinya akan masuk ke final sebanyak 4 regu/tim yang diambil.

Dalam babak penyisihan pada hari Kamis berjalan sangat meriah. Pada tiap sesi terdapat 4 tim yang bersaing dengan sistem urutan acak. Masing-masing sesi akan diambil 1(satu) tim dengan nilai tertinggi yang nantinya lolos masuk ke babak final. Dalam babak penyisihan maupun babak final setiap memiliki giliran untuk menjawab soal wajib yang disediakan oleh panitia. Soal wajib terdiri dari pilihan ganda, uraian singkat dan uraian panjang dengan durasi menjawab sudah ditentukan panitia. Dan juga ada soal bonus pada sesi rebutan. Soal bonus ini rata-rata berbentuk uraian panjang dan bersifat agumentatif dengan sistem penilaian juri.

SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum SLC Fasya IAIN Surakarta Adakan Lomba Cerdas Hukum 

Dalam babak penyisihan panitia memilih juri dari demisioner(senior) SLC yakni, Nur Sholikin, S.H, Nafi’ul Falah, S.H dan Angga Prasetya. Pada babak final panitia memilih juri dari dosen yakni Bapak Mashrukin, S.H., M.H dan Muh.Julijanto, S.Ag., M.Ag. Jadi dalam penilaian lomba ini menggunakan sistem penilaian terbuka dan menggunakan skala point untuk jawaban setiap pertanyaan.

Masuk ke babak final, setelah melewati tahap penyisihan, ternyata yang lolos masuk final kelas jurusan HKI A-D. Bukan suatu kebetulan tapi merupakan penilaian fair. Hari Jumat berlangsungnya final keempat bersaing sengit dengan perolehan nilai yang cukup bagus dibanding dengan babak penyisihan.

Dalam lomba ini semoga menjadikan minat mahasiswa dalam melatih keilmuannya dengan mengikuti kompetisi-kompetisi yang diadakan di tingkat kampus maupun tingkat nasional. Dengan harapan membentuk mahasiswa yang mampu bersaing dalam bidang hukum.

Penulis : Hafidz

Editor   : Winarto


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *