Sharing HKI Part 2, HMPS HKI Hadirkan Kepala KUA Bahas Profesionalisme dan Integritas Pegawai KUA

Sharing HKI Part 2, HMPS HKI Hadirkan Kepala KUA Bahas Profesionalisme dan Integritas Pegawai KUA
Bagikan

FASYA- Rabu (20/05/2020), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah IAIN Surakarta kembali adakan Sharing HKI part 2 melalui group WhatsApp dengan tema “Profesionalisme dan Integritas Pegawai KUA”.

Menghadirkan Abdurrahman Muhammad Bakri, S.H.I. sebagai Kepala KUA Kec. Gantiwarno Kab. Klaten lulusan HKI IAIN Surakata.

Diskusi juga diikuti oleh Muh. Zumar Aminuddin, S.Ag., M.H., selaku Kaprodi HKI. Diikuti 129 peserta dari mahasiswa dan alumni HKI, dimulai pukul 13.00 WIB dengan dipandu oleh moderator Laelatun Nikmah (bendahara HMPS HKI).

Diskusi ini membahas tentang pekerjaan pegawai KUA. Aburrrahman menjelaskan bahwa,“sebagai pegawai KUA dituntut dengan profesional dan berintegritas yaitu dengan kerja yang baik dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Bekerja juga harus bertindak sesuai aturan yang ada, baik diri sendiri ataupun ada orang lain yang mengawasi (atasan),” terangnya.

Bekerja tidak harus tentang bagaimana dan seberapa hasil yang didapatkan, namun harus dipenuhi dengan niat Ibadah kepada Allah SWT. juga rasa tanggung jawab kepada keluarga.

Disiplin diri dengan penggunaan waktu yang efisien termasuk skill yang harus dimiliki. Kemampuan intelektual serta bagaimana cara menghadapi keadaan termasuk penilaian dari sebuah pekerjaan.

Diskusi juga membahas pengalaman Abdurrahman bisa menjabat sebagai Kepala KUA. Cerita yang memotivasi serta langkah apa saja yang harus diambil dan dilewati.

Untuk bisa melihat indahnya alam dari atas perlu usaha mendaki dari bawah. Proses yang dilalui pun juga tidak mudah, begitupun karir, memegang sebuah jabatan tinggi perlu kinerja yang bagus dengan tanggung jawab yang tinggi.

Diskusi semakin menarik ketika peserta memberikan argumennya. Seperti Tikfirul Aziz (stav Dif. Minat Bakat HMPS HKI) bertanya mengenai jabatan pegawai KUA sekaligus tugas-tugasnya.

Abdurrahman memaparkan dengan rinci dan jelas, sehingga peserta yang membaca langsung paham. Dijelaskan juga bagaimana cara menempati bagian pegawai KUA, mulai dari pendidikan terakhir dan tes cpns.

Diakhiri dengan pemberian E-Sertifikat kepada peserta. Semoga dengan diskusi ini menambah pengetahuan tentang pekerjaan dan jabatan-jabatan sebagai pegawai KUA.

Semoga kita semua juga bisa menggapai impian dengan semangat usaha dan doa yang telah dilakukan.

Memberi manfaat kepada orang lain dan melayani masyarakat sebagai bentuk pengabdian mahasiswa. Kebaikan dilahirkan dari diri sendiri dengan begitu orang lain akan mengikutinya. (Rosyidah Dika-HMPS HKI/ Ed. dw)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *