Testimoni Alumni: Berani dan Gigih Mencoba, Vivi Lulus di Kementerian Agraria

Testimoni Alumni: Berani dan Gigih Mencoba, Vivi Lulus di Kementerian Agraria
Bagikan

Vivi Kus Aisyah

(ASN Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Alumni Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta, Lulus 2016)

Namanya Vivi Kus Aisyah. Wanita asal Klaten ini, adalah alumni Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta, Lulus 2016.

Alhamdulillah, ia kini tercatat sebagai salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Pada tahun 2017, ia sebenarnya pernah mencoba mengikuti seleksi CPNS gelombang pertama. Saat itu ia mendaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Namun belum berhasil lulus administrasi. Ia mengaku tidak tahu apa penyebabnya.

Tapi ia tidak berputus asa. Pada gelombang kedua pembukaan CPNS, ia mencoba kembali peruntungannya. Meski banyak kementerian yang membuka kesempatan, ia menjatuhkan pilihan pada Kementerian Agraria.

Ini dilakukan setelah terlebih dahulu mempelajari dengan cermat. “Saya baca dengan teliti persyaratan yang diminta, agar memenuhi syarat administrasi. Alhamdulillah lulus. Lalu saya mengikuti ujian SKD dan SKB di Yogyakarta. Alhamdulillah dinyatakan lulus”, terang Vivi.

Menurut pengakuannya, pada tahun 2018 ia menerima SK CPNS. Kemudian pada tahun 2019 SK PNS diterimanya. Sejak berstatus sebagai ASN, ia ditugaskan pada bidang analis permohonan hak tanah dan pendaftaran tanah. Kini ia diamanahkan pada bidang hubungan hukum pertanahan merangkap pelayanan.

Ketika dikonfirmasi relevansi keilmuan pada Fakultas Syariah dengan dunia kerjanya, Vivi mengatakan sebenarnya terdapat beberapa perbedaan.

“Beberapa belum sesuai, karena bidang ilmunya memang berbeda. Materi kuliah pada Fakultas Syariah terkait hukum pertanahan pun relatif masih bersifat pengantar. Barangkali ke depan, bisa di tambah mata kuliah hukum pertanahan di Fakultas”, jelas Vivi.

Namun begitu, ia mengaku berterima kasih pada civitas Fakultas Syariah yang telah membekalinya pengetahuan hukum.

“Semoga ke depan Fakultas Syariah lebih berprestasi. Bagi rekan mahasiswa, teruslah belajar dan jangan pernah berhenti untuk mencoba,” pesannya. (Sumber: Vivi. Editor: SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *