Usai Serangkaian Reormawa, Saatnya Tunjukkan Kinerja

Usai Serangkaian Reormawa, Saatnya Tunjukkan Kinerja
Bagikan

FASYA- Rangkaian demi rangkaian pelaksanaan reorganisasi mahasiswa (reormawa) pada Fakultas Syariah IAIN Surakarta usai sudah. Rangkaian proses demokratisasi itu telah berlangsung sejak Februari hingga Maret lalu.

Reormawa dilakukan melalui Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) untuk menentukan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Sedangkan untuk menentukan pengurus Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah dilakukan melalui Musyawarah Besar (Mubes).

Dimulai pada Jum’at, 15/2/2019, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dibantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) menyelenggarakan agenda tahunan Pemilwa. Sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan Open Recruitment dan pengumuman hasil seleksi calon Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Syariah 2019.

Dibuka oleh Ketua PPS pada pukul 08.00 WIB, Pemilwa untuk memilih Ketua HMJ itu berlangsung secara kondusif. Bertempat di area halaman Fakultas Syariah, mahasiswa tampak antusias mensukseskannya. Pemilwa berakhir pada pukul 17.00 WIB, ditutup oleh Ketua PPS.

Usai Serangkaian Reormawa, Saatnya Tunjukkan Kinerja
Memberikan hak pilih

Pada pukul 18.30 WIB PPS melakukan penghitungan suara, dipantau langsung oleh para saksi dari masing-masing calon. Pukul 23.45 WIB penghitungan suara berakhir.

Bangun Seto Dwimurti terpilih sebagai Ketua HMJ Hukum Ekonomi Syariah (HES). Sedangkan Ketua HMJ Hukum Keluarga Islam (HKI) diamanahkan kepada Indira Rahwa Anisa.

Adapun Ketua HMJ Hukum Pidana Islam (HPI) diemban oleh Tri Aji Rizki N.A. Sementara Ketua HMJ Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA) dipikul oleh Asrof Multazam.

Pada 27/2/2019, KPUM melaksanakan Pelantikan Pengurus HMJ di lingkungan Fakultas Syariah. Kegiatan ini bertempat di Gedung Fakultas Adab dan Bahasa Lt. 4. Acara ini dihadiri seluruh Ketua HMJ Fakultas Syariah periode 2019/2020 beserta jajaran kepengurusannya. Para demisioner Ketua masing-masing HMJ juga tampak hadir pada kesempatan itu.

Pelantikan yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Syariah dan disaksikan Wakil Dekan III tersebut berlangsung khidmat.

Seminggu usai pelantikan dan setelah proses rekrutmen, tepatnya pada 6/3/2019, reormawa dilanjutkan dengan pelaksanaan Mubes untuk menentukan pengurus Sema dan Dema. Mubes Sema dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Syariah

Usai Serangkaian Reormawa, Saatnya Tunjukkan Kinerja
Pelaksanaan Mubes 2019

Mubes Sema dihadiri oleh peserta sidang perwakilan Jurusan di tingkat Fakultas Syariah yang ditunjukkan dengan Surat Rekomendasi dari Ketua HMJ masing-masing. Hasil Mubes Sema menyepakati Devi Andriati sebagai Ketua Sema terpilih periode 2019.

Sementara Mubes Dema berlangsung di Gedung Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) Lt. 4. Mubes Dema diikuti oleh peserta penuh perwakilan Jurusan di tingkat Fakultas Syariah yang dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Ketua HMJ.

Selain itu, Mubes Dema juga diikuti oleh peserta peninjau. Mereka adalah mahasiswa aktif Fakultas Syariah. Mubes yang dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah ini menetapkan Agung Suhendra selaku Ketua Dema terpilih 2019.

Pada 14/3/2019, pengurus Sema dan Dema terpilih dilantik oleh Dekan. Dilanjutkan kemudian, pada 28/3/2019, Dekan juga melantik Lembaga Semi Otonom (LSO) di lingkungan Fakultas Syariah. Melalui proses reormawa dan pelantikan yang telah dilakukan, kini terdapat 12 organisasi kemahasiswaan (ormawa) di Fakultas Syariah.

Usai Serangkaian Reormawa, Saatnya Tunjukkan Kinerja
Pelantikan ormawa

Ke-12 ormawa tersebut adalah Sema, Dema, HMJ HES, HMJ HKI, HMJ HPI, HMJ Mazawa, LSO Syariah Law Community (SLC), LSO Literasi, Riset dan Jurnalistik (Lirik), LSO Bahasa Asing Fakultas Syariah (Bafas), LSO Fatawa, LSO Shariapreneur, dan LSO Tahsin wa Ta’limul Qur’an (T2Q).

Usai reormawa dan pelantikan, kini saatnya menunjukkan kinerja. Semoga kinerja ormawa tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan diri dan pencapaian kompetensi serta prestasi mahasiswa Fakultas Syariah di masa datang. (Sumber: KPUM 2019. Editor: SH)


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *