Vlog Berbahasa Inggris Promosi Wisata Halal oleh Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta

Vlog IAIN Surakarta
Bagikan

Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa fakultas Syariah IAIN Surakarta patut diacungi jempol. Bermodalkan mata kuliah Basic English atau Bahasa Inggris dasar di semester pertama yang diampu oleh Mr. Arkin Haris, S.Pd., M.Hum., mereka menunjukkan kemampuan speaking untuk mendeskripsikan berbagai tempat wisata yang ada di wilayah Jawa Tengah. Meskipun dari jurusan non-bahasa Inggris namun para mahasiswa tak ragu untuk berbicara bahasa Inggris dengan mengacu materi yang sudah didapat. Mereka dipacu untuk lebih practical dalam rangka menerapkan grammar yang benar serta mengembangkan vocabulary secara aktif. Target ini untuk menjawab tantangan globalisasi dan dunia kerja kedepan yang menuntut penguasaan bahasa Inggris.

Demi merespon hal diatas, Mr. Arkin sebagai dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris memberikan tugas untuk menggambarkan objek wisata halal yang ada disekitar kawasan Surakarta. Metode pembelajaran ini dibungkus secara inovatif yaitu dengan teknik vlog atau video blog yang kemudian diupload ke Youtube. Selain untuk melatih kemampuan speaking, hal ini bertujuan agar dapat ditonton sebagai rekomendasi bagi para wisatawan luar negeri khususnya yang akan berwisata ke Indonesia. Pengunjung dapat melihat langsung video secara lengkap ke Channel youtube arkin haris atau searching dengan hashtag #IAINskaGuide.

Strategi pembelajaran memang harus semakin kreatif, sejalan dengan perkembangan zaman now. Pembelajaran yang fun dan modern diyakini lebih mempermudah mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Maka dengan konsep yang berbasis teknologi, dosen dan mahasiswa dapat berkontribusi dalam industri kreatif demi kemajuan pendidikan, budaya dan ekonomi Indonesia.

Berikut salah satu vlog berbahasa Inggris mahasiswa syariah IAIN Surakarta:


Bagikan

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *